• Mei - Agustus 2019
    Vol 2 No 2 (2019)
  • Januari-April 2019
    Vol 1 No 2 (2019)
  • September - Oktober
    Vol 1 No 1 (2018)
    JURNAL KAJIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN

    Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan ini dimaksudkan sebagai wadah publikasi ilmiah para mahasiswa Program S3 Ilmu Pendidikan/Manajemen Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Nusantara. Melalui jurnal ini diharapkan terjalin komunikasi akademik antara mahasiswa yang sudah menyelesaikan penelitiannya dengan masyarakat luas. Gagasan-gagasan baru untuk peningkatan mutu pendidikan dikomunikasikan melalui jurnal ini.

    Pada edisi perdana ini, disajikan 7 artikel yang ditulis berdasarkan hasil penelitian untuk penulisan disertasi. Ada gagasan baru yang disajikan, ada juga yang mengukuhkan apa yang sudah terjadi sebelumnya sebagai praktik manajemen pendidikan yang perlu dilanjutkan, setidaknya untuk saat ini. Memang banyak kajian masih belum beranjak dari kajian terhadap implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam manajemen pendidikan, khususnya manajemen lembaga pendidikan.  Karena itu, upaya perbaikan dan gagasan inovatif yang dikembangkan pun pada umumnya masih terkait dengan perbaikan fungsi-fungsi tersebut dalam proses manajemen di lembaga pendidikan.

    Kita bisa melihat masalah dalam mengimplementasikan fungsi manajemen itu pada berbagai setting lembaga pendidikan. Ada masalah yang serupa yang dihadapi, namun ada pula kendala yang berbeda. Variasi-variasi dalam impelementasi konsep yang sama dalam praktik manajemen pendidikan inilah yang bisa membantu kita memperkaya wawasan untuk melihat permasalahan.

    Kehadiran jurnal ini juga diharapkan bisa turut membangun konsep-konsep yang  selama ini memang berasal dari lingkungan sosial akademik di negara-negara maju menjadi konsep yang dikembangkan dengan latar sosio-akademik Indonesia. Bangunan dalam bingkai keindonesiaan itu, secara khusus disemangati dengan wacana keislaman dengan mereaktualisasikan dan merekonstruksi nilai-nilai dan spirit keislaman dalam praktik manajemen pendidikan pada berbagai jenjang dan jalur pendidikan secara mikro, messo ataupun makro.

    Karena para mahasiswa bisa melanjutkan penelitian dengan berbasis konsep yang dikembangkan sebelumnya. Artikel-artikel dalam jurnal ini diharapkan merupakan publikasi ilmiah hasil penelitian sebelumnya sehingga sosok keilmuan manajemen pendidikan yang bersemangatkan nilai-nilai Islam itu bisa muncul. Sekaligus dapat menjadi alterantif bagi penyelesaian berbagai masalah pendidikan dengan konsep-konsep yang dikembangkan dari nilai-nilai keislaman tadi.

    Niatan seperti ini, bisa saja belum sepenuhnya terwujud pada edisi perdana jurnal ini. Namun seiring berjalannya waktu, pada terbitan-terbitan berikutnya yang disajikan secara online,  bisa mulai muncul gagasan-gagasan kreatif dan inovatif hasil kajian ilmiah yang ditulis mahasiswa yang menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Islam Nusantara

  • Nopember - Desember
    Vol 1 No 2 (2018)
1 - 4 of 4 items